SSD vs HDD: mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda?

Perbandingan SSD dengan HDD

Berikut ini merupakan perbandingan SSD dengan HDD :

Selamat datang di panduan SSD vs HDD kami, di mana kami akan melihat pro dan kontra dari hard drive tradisional (HDD) dan solid state drive (SSD) untuk membantu Anda memilih mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Saat Anda mencari untuk membeli komputer atau laptop baru, atau jika Anda mencari cara untuk meningkatkan mesin Anda, Anda akan melihat banyak referensi untuk hard drive dan SSD, tetapi mana yang terbaik untuk Anda?

Di sini kita akan membandingkan dua media penyimpanan, melihat di mana tugas mereka unggul, dan mana yang tidak mereka kuasai dengan baik.

Jika Anda memiliki PC desktop, maka Anda akan dapat menginstal kedua jenis hard drive sekaligus. Jika Anda melewati rute itu, panduan ini akan membantu Anda mengidentifikasi cara terbaik untuk menggunakan drive tersebut untuk memaksimalkan kinerjanya.

Sebelum kita menyelami teknologi SSD vs HDD, mari kita lihat setiap jenis drive.

Perbandingan SSD dengan HDD
HDD tradisional
Apa itu hard disk drive tradisional (HDD)?

Hard drive tradisional berisi disk bundar – dikenal sebagai piringan – yang menyimpan data Anda. Disk berputar, memungkinkan lengan baca-tulis untuk membaca data pada disk (atau menulis data ke dalamnya) saat lewat.

Semakin cepat platter berputar, semakin cepat hard drive berfungsi, yang dapat memengaruhi seberapa cepat sistem operasi Anda merespons, dan berapa lama aplikasi yang diinstal pada drive dimuat dan dibuka.

Hard drive yang lebih lama menggunakan port IDE untuk terhubung ke motherboard PC, tetapi kebanyakan hard drive modern menggunakan koneksi SATA. Versi terbaru dari SATA, SATA III, ditemukan pada motherboard modern, dan memungkinkan transfer data tercepat untuk HDD.

Perbandingan SSD dengan HDD

Apa itu solid state drive (SSD)?

Solid state drive (SSD) adalah teknologi penyimpanan yang lebih baru, tetapi masih ada untuk sementara waktu sekarang, dan jika Anda memiliki laptop modern, kemungkinan besar ia menggunakan SSD.

Seperti namanya, SSD – tidak seperti hard drive tradisional – tidak memiliki bagian yang bergerak. Sebagai gantinya, ia menggunakan memori flash NAND. Semakin banyak NAND (Negatif-DAN) chip memori yang dimiliki SSD, semakin besar kapasitas penyimpanan yang dimilikinya.

Untuk menghindari kemacetan itu, Anda bisa mendapatkan SSD yang memiliki koneksi PCIe. Drive ini masuk ke jalur PCIe motherboard, memungkinkan kecepatan yang jauh lebih cepat. Namun, jika Anda memiliki motherboard yang lebih kecil, atau Anda menggunakan jalur PCIe Anda untuk perangkat lain, seperti kartu grafis atau kartu suara, maka Anda mungkin tidak ingin SSD mengambil jalur.

Koneksi lain yang semakin umum untuk SSD adalah M.2.

NVMe (Non-Volatile Memory Express) adalah teknologi SSD terbaru, dan menawarkan kecepatan transfer data yang sangat cepat.

SSD vs HDD: harga

Perbandingan SSD dengan HDD dari harga

Saat Anda memilih antara SSD dan HDD, perbedaan besar pertama yang akan Anda perhatikan pada awalnya adalah harga. SSD biasanya lebih mahal per gigabyte daripada hard drive tradisional.

Iklan
Namun, perlu dicatat bahwa beberapa SSD lebih mahal daripada yang lain. SSD SATA III yang lebih lama lebih murah daripada SSD M2 dan PCIe, dan karena teknologinya telah ada selama beberapa waktu, SSD SATA III tertentu tidak semua lebih mahal daripada hard drive tradisional.

Lihatlah panduan penawaran SSD murah terbaik kami untuk membantu menemukan harga terbaik untuk SSD.

Jika Anda menginginkan kapasitas paling besar dengan jumlah uang paling sedikit, HDD adalah cara yang harus dilakukan. Proses pembuatan untuk HDD tradisional berarti sekarang relatif murah untuk diproduksi, yang membuatnya lebih terjangkau.

Anda bisa mendapatkan beberapa HDD besar dengan harga yang sangat rendah, tetapi jika Anda menyimpan data penting pada drive, yang terbaik adalah memeriksa ulasan pengguna dan melaporkan tentang keandalannya.

Posts created 47

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top